child
Guest on 09 December 2012

Lions Club Medan Cinta Alam District 307 - A2, Indonesia

Kunjungan oleh Lions Club Medan Cinta Alam District 307 - A2, Indonesia kali ini kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Sing Noel-Noel oleh anak-anak panti asuhan ini. Lions Club Medan Cinta Alam District 307 - A2, Indonesia mengunjungi panti asuhan ini untuk mengadakan Bakti Sosial dalam rangka menyambut hari Natal dan Tahun Baru.

Lions Club Medan Cinta Alam District 307 - A2, Indonesia menyumbangkan bahan makanan (beras, mie instan, dan lain-lain), pakaian dan juga keperluan olah raga untuk anak-anak panti asuhan ini berupa bola footsal.

    

Guest on 08 December 2012

PANIN BANK, TBK KCU Medan

Persekutuan doa Bank Panin, Tbk KCU Medan mengadakan kunjungan kasih kepada anak-anak di panti asuhan ini dalam rangka perayaan natal dengan mengadakan ibadah singkat di panti ini.

Bapak Arisanto Togatorop yang mewakili rekan-rekannya di Bank Panin, memberikan semangat kepada anak-anak di tempat ini untuk giat belajar agar dapat mengejar cita-cita dan menjadi orang-orang yang sukses.
Pimpinan di tempat ini menyambut baik kunjungan dari karyawan Bank Panin, Beliau mengatakan “biarlah Bank Panin dapat terus maju dan berkembang”. Pada saat itu mereka membawa sumbangan berupa bahan makanan dan juga sepatu bagi setiap anak-anak di tempat ini.

    


Keluarga Besar Musim Mas Group


Keluarga Besar Musim Mas Group sebuah perusahaan kelapa sawit yang berlokasi di jalan Yos Sudarso mulai dari perkebunan dan pabrik pengolahannya, datang berkunjung untuk  berbagi kasih dan mejadi dampak bagi anak-anak di panti asuhan ini.

Ibu Rina Ariyanti mewakili setiap karyawan dari Musim Mas Group mengatakan bahwa “Bintang Terang telah menuntun mereka ke panti asuhan ini untuk berbagi kasih kepada anak-anak di tempat ini dengan membagikan kembali berkat yang telah diterima selama ini. Kami berharap agar apa yang mereka berikan dapat memberikan kebahagiaan dan Damai Natal menyertai kita semua.”  

Kunjungan ini diawali dengan ibadah singkat ber a, dimana yang melayani ibadah singkat pada saat itu adalah setiap karyawan dari Musim Mas Group dan khotbah dibawakan oleh Bp. Pdt. E.Ndraha, S.Th tentang pentingnya kelahiran Yesus Kristus, dimana Ia lahir untuk menjadi dampak bagi setiap umat manusia. Oleh sebab itu Jadilah orang kristen yang berdampak yang baik dan biarlah kita menjadi terang bagi orang lain.

Keluarga Besar Musim Mas Group memberikan sumbangan kepada anak-anak panti asuhan berupa bahan makanan (beras, minyak goreng, susu, mie instan, coklat dari kelapa sawit dan lain-lain) yang secara simbolis diserahkan oleh Ibu Michele.

Terima kasih buat Keluarga Besar Musim Mas Group atas kunjungannya, biarlah perusahaan Musim Mas dapat menjadi perusahaan yang maju, sukses  dan menjadi dampak positif bagi orang lain.

Consul General of India

YASAH, 12 November 2012

Mr. Basri Ahmad, Consul General of India in Medan visited this orphanage on 12th November 2012 recieved by Mr. E. Ndraha President of YASAH and accompanied by teachers.

Consul General invites the student to sing the national anthem Indonesia Raya and Jana Gana Mana on the anniversary of the Republic Day of India, 26th January 2013.

 

Guest on 11 November 2012

Pada kunjungan rutin yang dilakukan Bapak Robent untuk merayakan hari ulang tahun anak-anak panti tiap bulannya, diadakan kegiatan modeling yang para pesertanya dari tingkat TK & SD. Tim juri yaitu Bapak Robent dan kawan-kawan sangat mengapresiasi peserta modeling dari tingkat TK, karena meskipun masih kecil mereka tampil memukau dengan gaya mereka masing-masing.

Selain acara modeling pada saat itu Bapak Robent membawa seorang magician untuk menghibur dan mengajarkan beberapa trik kepada anak-anak panti yang berulang tahun pada bulan November.

Selain merayakan ulang tahun anak-anak panti yang lahir pada bulan November, menjamu makan siang dan memberikan bantuan baik berupa bahan makanan dan perlengkapan mandi kepada anak-anak panti, Bapak Robent juga memberikan arahan/nasehat kepada anak-anak agar selalu menjaga kebersihan panti asuhan. Bapak Robent juga melakukan interaksi dengan anak-anak dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak panti untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan mereka.

Guest on 04 November 2012  

FOKASI atau Forum Komunikasi Mahasiswa-mahasiswi Nias, datang berkunjung dan mengadakan aksi 'Berbagi Kasih' sebagai aksi perdana mereka kepada anak-anak di panti asuhan ini.

Kegiatan yang diadakan pada sore hari tersebut, dimulai dengan ibadah bersama dengan anak-anak. Dengan iman meskipun dalam keterbatasan, mereka datang untuk menunjukkan kasih mereka kepada anak-anak di tempat ini. Mereka memberikan bantuan berupa bahan makanan dan juga semangat kepada anak-anak panti asuhan untuk giat belajar dan meraih cita-cita.

Ibu Susanna Ginting sebagai ketua yayasan dari panti asuhan ini mengatakan bahwa, "kami sangat senang karena masih ada mahasiswa-mahasiswi yang meskipun dalam keterbatasan mau memperhatikan anak-anak di tempat ini, kami berharap agar mahasiswa-mahasiswi FOKASI cita-citanya dapat tercapai, menjadi pribadi-pribadi sukses yang berguna bagi nusa bangsa terlebih bagi Tuhan dan jangan pernah lupakan kami."

Guest on 28 October 2012  

Husin Octara dan Christina bersama dengan kawan-kawannya mengadakan hari ulang tahun mereka yang diprakarsai oleh Bapak Alex. Husin Octara genap berumur 32 tahun dan Chirstina genap 24 tahun.

Dalam acara ulang tahun tersebut mereka mengadakan beberapa permainan dan quiz yang dipandu oleh Husin Octara sebagai ‘master of games’. Mereka mengajak anak-anak di panti asuhan ini untuk bermain bersama, dimana permainan tersebut dapat melatih respon dan kekompakan, selain itu mereka juga mengadakan quiz yang dapat melatih daya ingat dan kreatifitas sehingga membawa suasana kegembiraan di panti asuhan.

Selain mereka datang untuk mengadakan hari ulang tahun mereka bersama dengan anak-anak di panti asuhan, mereka juga memberikan sumbangan berupa bahan makanan.

Guest on 26 October 2012  

GEMA NIAS merupakan singkatan dari Generasi Muda Nias adalah sebuah organisasi mahasiswa yang mempersatukan mahasiswa-mahasiswa Nias yang ada di kota Medan. Pada kesempatan ini mereka datang berkunjung ke panti asuhan ini untuk melakukan aksi sosial.

Mereka adalah mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan menyisihkan uang saku mereka secara rela, mereka kemudian mengadakan aksi sosial dan berbagi kasih dengan anak-anak di panti asuhan ini. Selain itu mereka memberikan motivasi kepada anak-anak panti asuhan ini bahwa mereka adalah orang yang spesial, mereka harus menggantungkan cita-cita mereka setinggi langit dan berusaha untuk meraihnya dengan merilis jalan menuju cita-cita untuk meraihnya.

Jonathan Anugrah Lase Ketua Umum dari GEMA NIAS mengatakan, “Kami tidak memiliki materi yang melimpah tetapi kami ingin memberi. Karena kekayaan tidak dinilai dari harta benda yang kita miliki, tetapi ketika kita ingin berbagi.” Ia berharap suatu hari kelak ada anak-anak panti asuhan ini dapat bergabung dengan GEMA NIAS.

Pimpinan dari Panti Asuhan Anugrah Sungai Air Hidup sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh GEMA NIAS, pada saat itu Beliau memberikan semangat kepada GEMA NIAS untuk terus mengadakan kegiatan sosial seperti ini. Beliau berharap bahwa kunjungan GEMA NIAS ke panti asuhan ini bukalah yang pertama dan yang terakhir tetapi akan ada kunjungan-kunjungan lainnya secara kontiniu. Selain itu Beliau juga memberikan dorongan semangat kepada departemen pendidikan yang merupakan salah satu departemen GEMA NIAS agar dapat menjadi departemen yang membakar semangat dari adik-adik (khususnya anak-anak di panti asuhan ini) dalam dunia pendidikan.

Pada hari itu salah satu anggota dari GEMA NIAS, Betzy Victor Telaumbanua yang akrab disapa Victor juga berulang tahun yang ke-21 tahun, Ia sangat senang dan tidak menyangka bahwa hari ulang tahunnya dapat dirayakan bersama dengan anak-anak panti asuhan. Selamat ulang tahun buat Victor, kami mendoakan apa yang menjadi harapannya dapat tercapai.

Sukses terus untuk Gema Nias semoga organisasi ini dapat terus berkembang dan biarlah semangat untuk memberi dan berbagi kasih dengan sesama terus tetap ada pada GEMA NIAS.
Guest on 21 October 2012  

PEDULI KASIH THAMRIN CS 88

Perkumpulan Thamrin CS 88 berjumlah sekitar 25 orang juga datang berkunjung ke Panti Asuhan. Mereka berkunjung dengan tujuan untuk mengadakan aksi  ‘Peduli Kasih’.

Thamrin CS 88 merupakan perkumpulan yang baru saja terbentuk secara spontan. Berawal dari kerinduan beberapa orang yang ingin berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan, secara spontan juga menyatukan orang-orang yang juga memiliki jiwa sosial yang sama untuk berbagi kasih dengan orang-orang yang membutuhkan.

Thamrin CS 88 yang diketuai oleh Bapak Sudija Ayung, melakukan aksi sosial perdana mereka dengan mengadakan aksi Peduli Kasih di Panti Asuhan Anugrah Sungai Air Hidup. Mereka menjamu anak-anak di panti asuhan dan menyumbangkan beraneka barang-barang untuk keperluan sehari-hari mulai dari bahan makanan, pakaian yang layak pakai, perlengkapan mandi, perlengkapan tulis-menulis dan beraneka macam buku-buku bacaan berupa cerita, sejarah bahkan tentang tokoh-tokoh terkenal yang dapat mungkin dapat menambah wawasan serta memberikan inspirasi dan semangat kepada anak-anak panti.

Bapak Sudija Ayung yang akrab disapa Ayung oleh rekan-rekannya mengatakan:
“Semoga Thamrin CS 88 dan kegiatan sosialnya dapat terus berjalan” dan Beliau juga berharap agar “anak-anak di panti asuhan dapat berhasil dalam studi dan dalam kehidupan ini”.

Pada hari itu juga salah seorang dari anggota Thamrin CS 88 bernama Koko Bun Kiang sedang berulang tahun yang ke-34 tahun. Rekan-rekan dari Thamrin CS 88 mendoakan agar “cepat dapat jodoh yang baik”. Sukses selalu buat Koko Bun Kiang.

Dalam kegiatan peduli kasih itu anak-anak tingkat SD di panti asuhan mempersembahkan tarian, untuk menyambut dan memeriahkan aksi Peduli Kasih dari Thamrin CS 88.

 

 

Guest on 14 October 2012

   

Pada Kesempatan ini Bapak Robent beserta isteri dan rekan-rekannya kembali berkunjung pada tanggal 14 Oktober 2012 ke panti asuhan ini dalam rangka merayakan hari ulang tahun dari anak-anak panti asuhan yang lahir pada bulan Oktober.Modeling

Pada hari itu juga diakan acara Modeling yang mana pesertanya adalah anak-anak panti asuhan tingkat SMP dan yang menjadi team juri adalah isteri dari Bapak Robent dan rekan-rekannya. Kegiatan tersebut berlangsung dengan sangat meriah.

ModelingDalam acara Modeling tersebut terlihat anak -anak panti asuhan yang lainnya begitu serius dan senang melihat para paserta Modeling yang tampil dengan gayanya masing-masing.



Penyuluhan Peduli Lingkungan Hidup JICA

YASAH, 01 Oktober 2012

Ms. Masami Ishizuka, JICA Junior Expert dari BLH Provinsi Sumatera Utara berasal dari Hyogo, Jepang yang membidangi pendidikan lingkungan hidup memberi penyuluhan kepada anak-anak Panti tentang seberapa pentingnya kita peduli akan lingkungan sekitar kita, contohnya membuang sampah pada tempatnya.

Ibu Ima Karina Kaban dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Utara yang mendampingi Ms. Masami Ishizuka mengatakan bahwa kepedulian lingkungan itu sendiri tergantung pada kesadaran setiap individu. Ia berharap kiranya kunjungan ini menambah wawasan, pengetahuan serta kesadaran untuk menumbuhkembangkan sejak dini kepedulian lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Yuko Ohfuta dan Asayo Suzuki yang bekerja di Cabang JICA Makassar turut ikut serta untuk melihat sejauh mana perkembangan tentang pembuatan kompos Takakura yang telah diajarkan oleh Ms. Masami baru-baru ini.

Ms. Masami Ishizuka, JICA Junior Expert dari BLH Provinsi Sumatera Utara berasal dari Hyogo, Jepang yang membidangi pendidikan lingkungan hidup memberi penyuluhan kepada anak-anak Panti tentang seberapa pentingnya kita peduli akan lingkungan sekitar kita, contohnya membuang sampah pada tempatnya.

Ibu Ima Karina Kaban dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera Utara yang mendampingi Ms. Masami Ishizuka mengatakan bahwa kepedulian lingkungan itu sendiri tergantung pada kesadaran setiap individu. Ia berharap kiranya kunjungan ini menambah wawasan, pengetahuan serta kesadaran untuk menumbuhkembangkan sejak dini kepedulian lingkungan hidup.

Pada kesempatan yang sama, Yuko Ohfuta dan Asayo Suzuki yang bekerja di Cabang JICA Makassar turut ikut serta untuk melihat sejauh mana perkembangan tentang pembuatan kompos Takakura yang telah diajarkan oleh Ms. Masami baru-baru ini.

Guest on 30 September 2012

Sam   

Ulang Tahun Richard Wong yang ke-2

Renaldy dan keluarga mengadakan ulang tahun anaknya Richard Wong yang ke-2 di panti asuhan ini pada tanggal 30 September 2012. Mereka menjamu anak-anak panti asuhan sekaligus memberikan bantuan berupa beras, souvenir dan uang tunai.

Renaldy beserta rombongannya antara lain Cahyono (Ody Furniture), Cokro Wijaya, Carlyn Hanni Kwanan beserta rombongan lainnya ikut serta memberikan sumbangan ke panti ini.

 

Guest on 16 September 2012

Sam   Sam

Robin Wibowo, Training Manager di Hotel JW. Marriott, Medan
Robent, Pengusaha Muda Medan

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun anak-anak panti asuhan, Bapak Robent pengusaha muda Medan yang didampingi oleh istri dan teman-temannya berkunjung ke panti asuhan ini pada tanggal 16 September 2012. Robent pada kesempatan itu mengatakan bahwa panti asuhan ini mempunyai spirit yang luar biasa. Ditengah-tengah segala kekurangannya para anak-anak memilih disiplin yang tinggi. Semoga menjadi lebih baik dikemudian hari.

Bapak Robin Wibowo, Training Manager Hotel JW Mariott Medan memberikan motivasi kepada anak-anak panti agar mereka memiliki mimpi, cita-cita yang tinggi dan jangan minder. Tinggi badan dan warna kulit tidak mempengaruhi masa depan. Manusia semua punya keinginan tetapi semuanya Tuhan yang menentukan.

DanceUntuk memeriahkan hari ulang tahun anak anak panti, Energy Entertainment yang diprakarsai oleh Pak Robent dan keluarga, menampilkan tarian modern yang sangat memukau para penonton.

Beberapa anak-anak panti memohon agar group Energy Entertainment dapat berkunjung lagi untuk menampilkan tariannya dan kalau memungkinkan agar anak-anak di panti asuhan Anugrah Sungai Air Hidup dilatih.

Kunjungan Lions dan Leo Club

Lions & Leo ClubHendry Jonantan, President Lions Club Unity bersama dengan Henny, President Leo Club Medan Tunas Kesawan didampingi oleh anggota masing-masing organisasi mengadakan pem-belajaran bagi anak-anak panti bagaimana cara untuk membuat sabun cair untuk menggali daya kreatifitas anak. Pelatihan ini khusus bagi anak panti yang laki-laki. Sementara untuk anak perempuan mereka mengadakan pembelajaran cara membuat kue bento sekaligus sebagai keterampilan.

Sabun Cair    Kue Bento

Belajar membuat sabun cair
Belajar membuat kue bento
Guest on 09 September 2012


Sam


Magic Show

Jumin, adalah salah seorang pengusaha di Medan mengadakan bakti sosial pada tanggalmagic show 09 September 2012. Pada kesempatan itu dia membawa seorang pemuda yang bernama Hartato berumur 17 tahun untuk mempertunjukkan magic show kepada anak-anak Panti Asuhan Sungai Air Hidup.

Beliau mengatakan dengan adanya pertunjukan magic show ini agar anak-anak semuanya dapat tertawa dan berbahagia bersama, menjadi orang-orang yang berkualitas nantinya. Pada kesempatan yang sama, Pindy Prayudha Lie juga menampilkan kebolehannya kepada anak-anak panti dalam acara magic show tersebut.

makan

Rombongan dari Bapak Jumin menjamu anak-anak panti sebanyak 110 orang dan sekaligus memberikan bingkisan menarik.








Guest on 02 September 2012


Sam

Iin, Vincent, Nani and Sam visiting this orphanage on Sunday, the 2nd September 2012. This family introduce to their children about the orphanage. On their visit, they donate rice, sugar and cooking oil. Also, they serve noodles to the children

Visit to Shopping Centre

YASAH, 08 September 2012

shopping

Dalam memberikan penghargaan kepada anak-anak panti, Ibu Susanna Ginting mengajak mereka ke pusat perbelanjaan di Medan sekaligus memperkenalkan kepada mereka tentang dimensi kehidupan dalam bermasyarakat.

Pada kesempatan itu anak-anak terlihat ceria karena mereka merasa bahwa ada nuansa baru yang mereka lihat secara langsung.

Selama mereka berada di pusat perbelanjaan, diberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memilih apa keinginan dan kebutuhan mereka. Ibu Susanna Ginting senang mengajak dan melihat anak-anak panti berkunjung ke pusat perbelanjaan agar anak-anak ini mendapat wawasan baru.

 

Compost Project

YASAH, 04 September 2012
 

PROGRESS REPORT OF VISIT TO COMPOST AND DRAINAGE PROJECT
AT PANTI ASUHAN SUNGAI AIR HIDUP

                                                                                                                                            

The Composting process has gone on well and 2 mounds of compost is ready for use. Pak Ndraha has been using own compost in their vegetable garden for the past month. It is noticed that the number of flies is also minimal.


Masa informed Pak Ndraha that there is a likelihood that she will be able to secure a donation to buy a shredder machine that could be used for operating a Compost Centre. However, in order to convince the Donator, Masa has to mention in her proposal that there will be a space for the Compost Centre ie a space of a minimum 3m x 3m, built like an open garage with cemented floor and roof that overhangs to shield the machine and about four compost mounds from the weather (mostly rain) as well as future maintenance of the machine. It is hoped that Pak Ndraha will be able to generate an income from the sale of the compost to the neighbouring flower/plant sellers.

Pak Ndraha gave a rough estimate of Rp 9,000,000 (@Rp 1,000,000/sq metre) to build this Compost Centre. The plan is to extend the existing rubbish containment all the way to the outdoor kitchen shed where they cook their rice at the moment. Since this is just a recent development, Pak Ndraha will look into ways and means to raise the Rp 9,000,000 required for this. 


Masa's next visit to Yayasan Anastasia (school at YASAH) will be sometime in early October and she will be bringing along a couple of Japanese friends who are teachers and currently working in Penang with children who require special needs. They will do fun and educational activities with the children during their visit.

Birthday Celebration

YASAH, 26 Agustus 2012

Birthday Celebration coordinated by Mr. Robent, Medan will be held on 16th September 2012. On this event dance perfomance will be presented by the children of YASAH to honour the distinguish guests. The purpose of this program is to make the children at YASAH happy.

Friends, You are invited to attend this program. If you wish to come, please feel free to contact us any time, any day before the event.






         2015 - www.yasah.org
Created by Habel H. Tungka